SELAMAT HARI KESEHATAN GINJAL SEDUNIA 2019

Penyakit ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan dunia dan diperkirakan 850 juta penduduk di seluruh dunia memiliki penyakit ginjal karena berbagai sebab. Penyakit Ginjal Kronik (PGK) menyebabkan paling sedikit 2,4 juta kematian per tahun dan saat ini penyebab kematian urutan keenam. Gangguan ginjal akut (GgGA), juga dapat berlanjut menjadi PGK, mempengaruhi sekitar 13 juta penduduk di seluruh dunia dan 85% kasus ini ditemukan di negara berpenghasila nrendah dan sedang dan sekitar 1,7 juta setiap tahun meninggal dunia.

Kesehatan ginjal masih belum diperhatikan oleh masyarakat, sehingga beban penyakit ginjal semakin meningkat di seluruh dunia. PGK dan Gg GA merupakan suatu akibat dari kondisi sosial di mana orang dilahirkan, tumbuh, hidup, bekerja dan usia, antara lain kemiskinan, diskriminasi gender, kurangnyapendidikan, bahayapekerjaan dan polusi. Secara umum, kebijakan dan strategi nasional untuk penyakit tida kmenular (non-communicable diseases/NCD) ada di banyak negara, namun kebijakan khusus terhadap penapisan, pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal masih sangat minimal. Lebih dari separuh (53%) dari negara-negara yang memiliki strategi NCD menyeluruh tidak memiliki pedoman atau strategi untuk meningkatkan perawatan penderita PGK (baik secara spesifik atau dalam strategi NCD yang lebih luas).

Demi pentingnya kesehatan ginjal bagi seluruh masyarakat The International Federation of Kidney Foundation (IFKF) mencanangkan Hari Ginjal Sedunia – “World Kidney Day” (WKD) yang diperingati di seluruh dunia sejak tahun 2006 pada setiap hari kamis minggu kedua bulan Maret, tahuninijatuh pada tanggal 14 Maret 2019. Tema yang dipilih pada tahun ini adalahKidney Health For Everyone Everywhere”atau Kesehatan Ginjal untuk Siapa Saja Dimana Saja. Hari Ginjal Sedunia mempromosikan akses yang terjangkau dan merata ke pendidikankesehatan, perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit ginjal bagi semua lapisan masyarakat.

Rumah Sakit Umum Karsa Husada Batu sebagai ssalah satu rumah sakit pemerintah yang berada di wilayah Kota wisata Batu merasa terpanggil untuk turut mempromosikan Hari Kesehatan Ginjal Sedunia (WKD) ini kepada seluruh masyarakat, baik masyarakat Kota Wisata Batu pada khususnya, maupun  masyarakat Malang Raya pada umumnya. Dalam rangka Hari Kesehatan Ginjal Sedunia tersebut Rumah Sakit Umum Karsa Husada Batu melakukan serangkaian kegiatan yang tersusun dalam suatu rangkaian kegiatan dengan melibatkan pasien dan keluarga, pengunjung rumah sakit, serta masyarakat umum.

😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *